Singkronisasi dan Integrasi Moda Transportasi Di Kota Makassar

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar- Reouting koridor teman Bus di 2 koridor Kota Makassar, dalam rangka singronisasi peran dan pelaksanaan integrasi angkutan feeder (angkutan Kota) dan trayek utama (teman bus) secara intensif dilaksanakan Rapat, koordinasi, survey rute, dan sosialisasi. Peran aktif banyak pihak, ditindaklanjuti Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Selatan, Dinas Perhubungan Kota Makassar, operator teman bus, dan respon yang baik dari Kementerian Perhubungan Dirjen Perubungan Darat Direktur Angkutan Jalan.

Rerouting Teman Bus yang melewati Jalan A.P. Pettarani, Sepanjang Jalan Perintis Kemerdekaan, interkoneksi kampus Unhas Gowa dan Kampus Perintis, Bandara Inter. Sultan Hasanuddi dan Stasiun Kereta Api Mandai mendapat perhatian dari Walikota Makassar, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulsel, Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, kepala uptd transportasi Mamminasata dan Organda serta pengusaha angkot di Kota Makassar.

Jusman selaku bidang angkutan dishub kota makassar mengungkapkan “bahwa inti pelaksanaan Rerouting ini dilaksanakan untuk mewujudkan integrasi antara angkutan feeder dan angkutan utama, memperhatikan usulan dan analisa berbagai pihak, mencari titik temu baik dalam konteks antar berbagai pihak maupun secara fisik titik halte pertemuan antara angkutan kota selaku feeder dan teman bus sebagai angkutan trayek utama. Paradigma Rerouting kali ini adalah Teman Bus bukan kompotitor untuk pete-pete begitu juga sebaliknya pete-pete bukan kompotitor teman bus tapi mewujudkan integrasi dan singkronisasi yang saling membangun”.

Harapannya, Semoga dengan integrasi antar moda dan trayek, kekurangan loadfactor (LF) atau faktor muat baik teman bus maupun Angkutan Kota dapat meningkat signifikan. Adanya singkronisasi angkutan penumpang antar keduanya, masyarakat akan memiliki alternatif atau pilihan yang tepat untuk menggunakan angkutan massal dan angkutan umum.

Disimpulkan oleh Jusman, wujud integasi dan harmonisasi antar moda merupakan salah satu solusi mewujudkan sistem transportasi yang efektif, efisien, murah dan terjangkau.( *JS)