Peringatan Hari Raya Islam I Muharram, Berikut Sejarah Singkatnya

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Peringatan Hari Raya Islam I Muharram jatuh pada Minggu, (7/7/2024). Sejarah tahun baru Islam ditandai sebagai peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari kota Mekkah ke Madinah.

Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada 1 Muharram dan dijadikan tahun baru dalam kalender Hijriah. Sehingga, tahun baru Islam adalah peristiwa penting bagi umat Islam. 

Merangkum berbagai sumber, sejarah kalender Islam diawali ketika Gubernur Abu Musa Al-Asyari mengirimkan surat. Surat tersbeut dikirimkan kepada Khalifah Umar Bin Khatab yang kebingungan perihal surat yang tidak memiliki tahun.

Pada masa itu, umat Islam masih mengadopsi peradaban Arab pra-Islam dalam menggunakan penanggalan. Yaitu, menuliskan sebatas bulan dan tanggal tanpa tahun di dalamnya.

Penetapan tahun baru hijriyah memungkinkan umat muslim untuk merenungkan dan mengambil hikmah dari perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW. Selain itu, umat muslim juga dapat memperkuat komitmen dalam menjalankan ajaran Islam.

Dalam ajaran agama Islam, Muharram adalah salah satu dari 4 bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Di mana juga disebut dengan bulan haram.

Para ahli tafsir menyebutkan, amalan-amalan ibadah yang dilakukan selama empat bulan haram itu bakal dilipatgandakan pahalanya.

Amalan yang di maksud dengan melakukan zikir, sedekah, salat malam, berdoa, dan bertaubat, memohon ampun kepada Allah SWT. Jadi, hendaknya umat Islam harus mempunyai perencanaan bahwa tahun yang akan datang ini lebih baik dari tahun sebelumnya.