Sulselmengabari, Makassar – Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penelitian di bidang Penelitian Sosial Humaniora dengan judul “Etnomatematika Budaya: Eksplorasi Nilai-nilai Matematika dalam Pembuatan Perahu Pisini”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Tanah Beru, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba. Judul tersebut berhasil lolos pendanaan pada tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti.

Ketua tim, Muh. Mahfud mengatakan bahwa landasan dibalik judul yang diajukan yaitu mampu melihat nilai-nilai matematika yang diterapkan dalam pembuatan perahu pinisi. Selain dalam pembuatan perahu pinisi, juga dalam kehidupan sehari-hari.

“Membuktikan kalau matematika itu bukan hanya abstrak namun ada dalam kehidupan kita. Dalam hal ini pembuatan perahu pinisi”, pungkasnya.

Mahasiswa angkatan 2016 ini menuturkan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dengan mengungkapkan nilai-nilai etnomatematika yang terdapat dalam perahu pinisi. Selanjutnya dapat membantu dan memudahkan siswa dalam pembelajaran matematika.

“Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk semua kalangan, baik masyarakat agar lebih mengenal keanekaragaman budaya Indonesia”, tuturnya.

Disisi lain, Mulawarman, pembuat perahu pinisi mengatakan, kegiatan seperti ini yang seharusnya banyak digencar oleh pemuda-pemudi kita di negeri ini. Selain untuk mempererat interaksi antara mahasiswa dan warga, juga untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya Indonesia.

“Pemuda bagus meneliti hal seperti ini untuk melestarikan budaya kita”, ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan