Ciptakan Imunitas Yang Kuat Bagi Masyarakat, DPPKB Makassar Gelar Sosialisasi KKBPK

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari,Makassar – Plt DPPKB Kota Makassar, Syahruddin S.Sos.M.ADM.Per membuka kegiatan sosialisasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Kampung KB Kelurahan Pampang Kecamatan Panakukkang Kota Makassar pada Kamis (19/10/2023).

Sosialisasi tersebut merupakan lanjutan dari rencana yang telah disusun sejak Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSREMBANG) tahun 2022, dan menjadikan kegiatan ini menjadi bagian penting dalam forum tahunan para pemangku kepentingan, dimana mereka menyetujui Rencana Kerja Pembangunan (RKP) tahun anggaran yang telah direncanakan.

Semua yang telah disepakati dalam MUSREMBANG bertujuan untuk bersama-sama mencapai Visi Misi Pemerintah Kota Makassar dalam RPJMD. Visi Misi ini mengusung cita-cita menjadikan Makassar sebagai “Sombere dan Smart City” dengan imunitas yang kuat untuk seluruh warganya.

Selain itu, juga mencakup perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM) dan reformasi birokrasi, pembaruan di sektor kesehatan, sosial, dan budaya, serta upaya memulihkan ruang kota agar lebih inklusif.

Kegiatan ini juga erat kaitannya dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang menegaskan bahwa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KB) adalah urusan pemerintahan yang wajib dan harus dijalankan dalam Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Kota Makassar sendiri dengan populasi sebesar 1.436.626 jiwa, sangat membutuhkan percepatan program-program untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Salah satu program yang ditekankan adalah Program Bangga Kencana, termasuk didalamnya adalah Kampung KB, yang bertujuan mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang.(**)