Pastikan Jenis – Jenis Aliran Kepercayaan di Makassar, Kesbangpol Tunggu Klasifikasi Dari Depertemen Agama

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar- Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Makassar kembali memimpin Rapat Koordinasi  Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Dalam Masyarakat Kota Makassar Tahun 2023 bertempat di Hotel Ibis, Jl. Maipa No. 8 Makassar, Senin ( 30/10/2023).

Pada kesempatan ini, Zainal Ibrahim mengatakan bahwa akan mengklasifikasikan jenis – jenis aliran kepercayaan yang ada  di Makasssar, namun dirinya bersama tim tinggal menunggu hasil dari departemen agama.

“Jadi di rapat ini kita bahas aliran – aliran kepercayaan, kan sekarang yang diakui ada enam  agama besar tapi disamping itu negara akui aliran kepercayaan. Kini kita indentifikasi dari dinas kependudukan dan catatan sipil itu sudah ada kolom aliran kepercayaan  dan itu sudah ada warga kita yang kemudian mengisi kolom – kolom  itu,” ujar Zainal Ibrahim.

“Kemudian kedepan itu kita coba klarifikasi di teman – teman di catatan sipil  karena bisa saja memang diisi, saya dapat informasi  juga ada teman – teman  ini ada yang tidak isi masuk dikolom itu. Jadi ini rapat rutin, kita juga sampaikan ke departemen agama supaya kita bisa dapat klasifikasikan apa – apa  saja jenis  aliran kepercayaan yang ada, belum kita dapat data dari departemen masih dikomunikasikan ke tingkat atasnya semoga dirapat berikutnya sudah ada,” jelasnya

Perlu diketahui tujuan dilaksanakannya rakor rutin ini guna meningkatkan sinergitas untuk melakukan deteksi dini, guna mengantisipasi adanya aliran Kepercayaan dan aliran Keagamaan yang dapat meresahkan masyarakat, jika nantinya akan mengganggu ketentraman dan ketertiban Masyarakat, sehingga dipandang perlu adanya Rapat Koordinasi bersama.