Bidang Penguatan dan Pengawasan Sarana Distribusi Perindag Kab Mamuju Studi Tiru ke Perumda Pasar

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari,Makassar, – Rombongan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Mamuju melakukan kunjungan ke Kantor Perumda Pasar Makassar Raya (Karya). Kamis (16/11/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Penguatan dan Pengawasan Sarana Distribusi Perindag Kabupaten Mamuju, Imam Kholil mengatakan tertarik dengan pengelolaan dan penerapan pembayaran retribusi dan sewa tempat secara Non Tunai di sejumlah Pasar di Makassar. Hal itu diutarakan saat ditemui oleh Direktur Umum Perumda Pasar Makassar, Muhajir, SE.

“Kehadiran kami melakukan studi tiru ini dalam rangka ingin mengetahui bagaimana pengelolaan retribusi dan sewa tempat di sejumlah pasar di Makassar.” Ujarnya.

Terlebih menurutnya, tahun depan pihak Pemerintah Kabupaten Mamuju sudah akan menerapkan pembayaran secara Non Tunai. Karena dinilai akan semakin menambah pendapatan Daerah (PAD).

Direktur Umum Perumda Pasar Makassar, Muhajir mengatakan, menyambut hangat kunjungan rombongan dari Dinas Perindag Kab. Mamuju. Dalam sambutannya Muhajir menyampaikan rasa terimakasih atas kunjungan tersebut dan merasa tersanjung atas kepercayaan yang diberikan kepada Perumda Pasar Makassar.

“Tentunya kami merasa berterimakasih dan tersanjung dengan kepercayaan yang diberikan pada perusahaan kami sebagai obyek studi tiru pengelolaan pembayaran Non Tunai.” Ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa pengelolaan pembayaran secara Non Tunai ini memang sudah lama diterapkan dibeberapa pasar. Selain penerapannya cukup praktis juga dapat meminimalisir kecurangan atau kebocoran dana di unit pasar.

Usai melakukan pertemuan di ruang rapat Perumda Pasar Makassar, rombongan Dinas Perindag Kabupaten Mamuju mengunjungi Pasar Panakkukang di jalan Toddopuli Raya. Guna melihat langsung pengaplikasian pembayaran secara Non Tunai melalui mesin Barcode (Barcode Scanner).

Turut mendampingi Kepala Bagian (Kabag) Usaha dan Pembinaan Pedagang Perumda Pasar Makassar, M. Sahid, Kabag SDM, Wahyudi Palarungi dan Kasubag Anggaran, Nur Rakhmah.(*)