Menyambut Ramadhan, Berikut Persiapan yang perlu diketahui Umat Muslim!

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Bulan Ramadhan atau yang sering di kenal dengan Bulan Puasa adalah bulan suci dalam agama Islam yang dianggap istimewa oleh umat Muslim di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, menahan diri dari makanan, minuman, dan aktivitas yang membatalkan puasa. Bulan Ramadhan memiliki beberapa keistimewaan yang membuatnya menjadi waktu yang sangat berarti bagi umat Muslim.

Puasa ramadhan dilakukan selama 30 hari, Salah satu persiapan yang dibutuhkan yaitu baik dari segi mental maupun fisik. Secara mental kita harus mulai mempersiapkan diri dengan hati yang tulus dan ikhlas. Di samping itu, agar tubuh sehat selama menjalankan puasa, kita juga harus mempersiapkan kebutuhan serta asupan yang bernutrisi bagi tubuh.

Dilansir dari laman Re.juve, Berikut ini cara mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan!

  1. Mempersiapkan Iman dalam Diri Masing-Masing

Persiapan puasa Ramadhan yang paling dasar adalah memperkuat iman yang ada dalam diri masing-masing umat muslim.

Mulai dari melatih pengendalian
kebiasaan-kebiasaan buruk dalam keseharian, memperbanyak ibadah, dan hal-hal seperti ini lainnya bisa membuat iman menjadi lebih kuat.

  1. Mempersiapkan Kebutuhan Sehari-hari selama Bulan Ramadhan

Sebelum menunaikan ibadah puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari, umat muslim dianjurkan untuk sahur terlebih dahulu. Sahur dapat membuat tubuh seseorang lebih merasa kuat untuk menahan rasa lapar dan haus selama berpuasa.

  1. Membiasakan Diri untuk Berbuat Baik

Pada dasarnya, bulan Ramadhan adalah bulan di mana pahala dan berkah dalam diri setiap umat muslim dilipatgandakan. Jadi, mereka dianjurkan untuk melakukan berbagai kebaikan selama bulan Ramadhan.

Namun, tidak semua orang terbiasa dengan kegiatan-kegiatan penuh kebaikan ini. Maka dari itu, mereka harus mulai membiasakan diri untuk melakukan kegiatan tersebut jauh sebelum bulan Ramadhan tiba.

  1. Menjaga Kesehatan Selama Ramadan

Sebelum Ramadan tiba, umat muslim dapat memeriksa kembali kondisi tubuh dan pikirannya untuk memastikan apakah perlu memeriksakan diri kepada ahli kesehatan atau tidak. Dengan mempersiapkan diri lebih awal sebelum melakukan puasa Ramadan, umat muslim akan memulai lebih awal untuk mencegah masalah kesehatannya.

  1. Siapkan Perlengkapan Ibadah

Hal yang sangat penting untuk mendukung dalam mempertebal iman di bulan Ramadhan adalah dengan adanya perlengkapan ibadah yang terpenuhi. Siapkan sajadah, sarung, peci hingga mukena agar aktivitas beribadah bisa dilakukan secara maksimal.(Lpt/Rjv)