Sering Dilakukan, Berikut 5 Kebiasaan Buruk yang Harus dihilangkan

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Setiap hari kita pasti melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan orang lain atapun tidak. Mungkin untuk beberapa orang kebiasaan yang sering dilakukan tidak mereka sadari.

Beberapa kebiasaan yang mungkin dianggap adalah kebiasaan yang biasa saja bagi orang yang melakukannya, namun menurut orang lain, bisa jadi kebiasaan itu merupakan tindakan yang menyenangkan, atau bisa menjadi tindakan yang tidak menyenangkan.

Namun, banyak orang yang menganggap hal tersebut sepele dan tidak berdampak apapun dalam sehari-hari. Tetapi sebenarnya, hal tersebut dapat memberikan dampak yang sangat merugikan bagi orang lain dan diri sendiri. Berikut kebiasaan buruk yang harus segera dihentikan.

  1. Selalu berprasangka buruk

Kebiasaan yang membuat orang tidak menyukai kita adalah terus-menerus melihat sisi negatif dari kehidupan alias kebanyakan berprasangka buruk. Terkadang memiliki prasangka buruk itu cukup normal asalkan intensitasnya tidak berlebihan.

  1. Ikut campur urusan orang lain

Tidak sedikit orang akan merasa terganggu ketika ada yang terlalu banyak menanyakan hal-hal yang bersifat pribadi. Kebiasaan itu juga masuk ke dalam kategori ingin ikut campur dengan urusan orang lain.

  1. Pendengar yang buruk

Memotong pembicaraan orang lain, tidak memerhatikan orang yang sedang berbicara, hingga terburu-buru menyudahi percakapan termasuk dalam kategori pendengar yang buruk. Jika sering melakukan ini, orang lain akan merasa tidak dihargai dengan perlakuan kita dan membuatnya merasa terintimidasi.

  1. Tidak Mengucapkan Terima Kasih, Tolong, atau Minta Maaf

Kebiasaan buruk selanjutnya adalah tidak menggunakan kata “terima kasih” ketika diberi bantuan, “tolong” ketika membutuhkan bantuan, dan meminta maaf ketika melakukan kesalahan.

Tiga kata emas ini adalah kata yang bisa membuat kamu lebih dihargai dan membuat orang lain lebih suka kepadamu. Usahakan untuk selalu menggunakan tiga kata emas ini, dalam melakukan kegiatanmu yang berhubungan dengan orang lain.

  1. Banyak Mengeluh

Mengeluh bukanlah solusi terhadap masalah yang sedang kamu alami. Orang lain mungkin sesekali akan mendengarkan keluhanmu dan memberikan nasehat, namun jika kamu mengeluh terus menerus, ini akan membuat orang lain menjadi jenuh dan menganggap kamu mudah menyerah. (Lpt/Kps)