Yuk Jadi Pemilih yang Cerdas dan Cermat di Pemilu 2024!

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Pemilihan Umum akan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Tentunya seluruh komponen masyarakat diharapkan dapat ikut serta menyalurkan hak suara untuk bisa bersama-sama menentukan pemimpin bangsa yang akan menentukan nasib negara ke depannya. Generasi muda yang disebut sebagai generasi emas, keikutsertaannya sangat diharapkan.

Salah satu basis pemilih dalam Pemilu adalah Pemilih Pemula, yakni mereka yang berusia 17-21 tahun. Pemilih yang cerdas dan cermat menjadi aspek penting yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Oleh karna itu, Pemilih akan menghasilkan pemimpin yang jujur, cerdas, adil dan mampu menjaga amanah.

Sebagai pemilih, melansir laman layana.id berikut tips menjadi pemilih yang cerdas dan cermat;

  1. Pastikan terdaftar menjadi pemilih tetap

Sebagai pemilih yang cerdas, pastikan nama pemilih sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum. Salah satu caranya yaitu dengan dengan mengunjungi kelurahan tempat tinggal. 

  1. Cari tahu informasi dan rekam jejak para kandidat

Mencari informasi soal para kandidat bisa jadi gambaran agar mengetahui siapa yang akan dipilih nantinya. Cek jejak kandidat terkait data-data dari tiap-tiap calon. Bukan cuma calon Presiden dan calon Wakil Presiden, tetapi juga calon anggota legislatif. Rekam jejak kandidat juga bisa didapatkan melalui media social mereka.

  1. Cari tahu syarat-syarat sebagai pemilih

Untuk terdaftar sebagai pemilih ada beberapa syarat yang wajib diketahui yaitu: sudah berusia 17 tahun pada hari pemungutan suara; tidak sedang terganggu jiwanya; tidak sedang dicabut hak pilihnya;mempunyai KTP elektronik; dan tidak sedang menjadi Anggota TNI/Polri.

  1. Jangan Menjadi Golongan Putih (Golput)

Mengajak orang-orang sekitar untuk menggunakan hak suaranya serta memberikan informasi seputar pemilu 2024 dari sumber yang terpercaya. Diharapkan dengan mengajak orang-orang sekitar, kita tidak menjadi Golput.

  1. Mengikuti Informasi Pemilu

Masyarakat harus rajin mencari informasi dari berbagai sumber terpercaya. Sehingga dapat memahami baik tentang proses, peraturan dan informasi tentang pemilu secara umum akan membantu pemilih dalam membuat keputusan yang tepat. (Brst)