Jelang Mudik Lebaran 2024, Berikut yang perlu di Siapkan!

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Libur lebaran yang jatuh pada tanggal 8 hingga 15 April 2024 dan hari raya idul fitri pada tanggal 10 April 2024 jika ditotal terdapat libur 8 hari yang biasanya dimanfaatkan oleh umat muslim untuk mudik lebaran. Tradisi mudik lebaran ini menjadi sebuah kebiasaan atau budaya yang dilakukan umat muslim untuk silahturahmi dengan kerabat di kampung halaman.

Jelang mudik lebaran biasanya kita disibukan dengan segala perlengkapan yang harus dibawa saat mudik. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mudik lebaran :

  1. Keamanan rumah

Moment mudik lebaran yang dilakukan serentak selama beberapa hari membuat lingkungan rumah menjadi lebih sepi. Keadaan ini yang dimanfaatkan maling untuk merampok rumah-rumah yang terlihat kosong. Menyikapi keadaan tersebut, pentingnya memperhatikan keamanan rumah sebelum mudik lebaran agar Anda tidak mengalami kerugian akibat kehilangan aset dan harta benda.

  1. Siapkan fisik dan mental

Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima, cukup makan dan minum, serta tak kelelahan. Ini untuk meminimalisir tupuh ngedrop saat masih berada dalam perjalanan mudik.

Kurangi aktivitas berat dan perbanyak konsumsi vitamin agar tubuh kembali fit.

  1. Bawa bekal makanan dan obat-obatan

Bawalah makanan mungil yang mudah dibawa seperti roti ataupun makanan siap saji lainnya. Jangan lupa selalu bawa botol minum agar tak dehidrasi. Ini untuk menekan biaya yang dikeluarkan selama perjalanan mudik lebaran.

Untuk pencegahan, jangan lupa bawa obat-obatan sesuai dengan riwayat kesehatan Anda, seperti obat maag, obat penghilang nyeri, betadine, plester penutup luka, hingga inhaler asma.

  1. Transportasi

Jika Anda memilih transportasi darat dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka yang harus Anda persiapkan mulai dari bensin hingga mesin kendaraan itu sendiri.

Apabila memilih kendaraan umum, baik pesawat, kereta, ataupun kapal laut, maka perhatikan tiket yang harus dibeli dari jauh-jauh hari.

Catatan bagi Anda yang memilih kendaraan umum, pikirkan juga kendaraan apa yang akan dipakai saat di kampung halaman nanti. Pastikan tersedia motor/mobil di kampung halaman Anda apabila ada niat untuk berjalan-jalan selama berada di kampung halaman. (KnT)