Tips Menjaga Tubuh Sehat dimusim Hujan

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – disaat musim kini tak menentu disertai cuaca yang ekstrem, mudah membuat daya tahan tubuh kita rentan terserang flu.

Sistem kekebalan tubuh sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Selain itu, selalu aktif bergerak juga mendukung imunitas yang baik pula.

Jika terlanjur terkena flu, tidak perlu khawatir.

Jonny Bowden, pakar kesehatan dan ahli gizi bersertifikat mengatakan bahwa ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk membantu kamu mengusir flu tersebut.

1. Selalu konsumsi vitamin.

Vitamin sangat lah membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh. Seperti zink sangat penting dibutuhkan, biasanya bersumber dari biji-bijian dan susu. Sedangkan zink bisa didapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, stroberi, dan nanas. Suplemen vitamin juga bisa dijadikan penambah.

Baca juga: Biar Nggak Gampang Drop Saat Cuaca Ekstrem, Ini Tips Sehat dari Dokter

2. Tidur lebih banyak.

Tidur merupakan cara terbaik untuk mengembalikan sistem kekebalan tubuh yang baik. Idealnya tidur selama 7-9 jam semalam, ditambah dengan tidur di siang hari.

“Imunitasmu perlu diperbarui. Kamu bisa membantunya dengan tidur secara teratur,” ujar dr Ian Tong.

3. Jangan olahraga terlalu berat Olahraga adalah kunci untuk tetap sehat, namun jika kamu terkena flu lebih baik jangan berolahraga dengan intensitas yang terlalu berat. Cukup olahraga dengan intensitas rendah.

4. Perbanyak minum air putih, tetap sehat berarti tetap terhidrasi. Air adalah hal terpenting untuk kekebalan tubuh, terutama ketika kamu sedang sakit, air sangat berguna untuk mengembalikan imunitas.