Kembangkan Potensi Dan Kreatifitas Nalar, Hmj Matematika Gelar Workshop PKM 5 Bidang

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (HMJ Matematika FMIPA UNM) periode 2018-2019 menggelar kegiatan Workshop PKM 5 Bidang di gedung Aula FF 103-104, Sabtu, 08.50 WITA.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC Eka Syawalia, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta laporan Ketua Panitia Annisa Uniarti dan Zaenal selaku Ketua Umum HMJ Matematika FMIPA UNM Periode 2018-2019 yang selanjutnya dibuka secara resmi oleh Dosen Pembimbing HMJ Matematika FMIPA UNM Periode 2018-2019 yaitu Ayahanda Syahrullah Ashari, S.Pd., M.Pd.

Workshop PKM 5 Bidang sendiri,merupakan kegiatan tahunan yang diadakan HMJ Matematika FMIPA UNM guna mengembangkan potensi dan kreatifitas nalar mahasiswa jurusan Matematika sarta berusaha memberikan motivasi dan teknik penulisan PKM yang berkualitas kepada mahasiswa. Tahun ini, acara dihelat dengan tema “Menumbuhkan Kreatifitas dan Produktifitas untuk Pembangunan Indonesia”. nantinya, panitia menghadirkan tiga materi dengan menghadirkan pembicara yang berkompeten dibidang penulisan ilmiah, Dr. Asdar, S.Pd., M.Pd. sebagai pemateri pertama dengan materi mengenai PKM-K dan PKM-T, selanjutnya Prof. Syafruddin Side, S.Si., M.Si., Ph.D. sebagai pemateri kedua dengan materi mengenai PKM-P, PKM-M, dan PKM-KC, serta Dr. Sultan, M.Pd. sebagai pemateri ketiga dengan materi Eksplorasi Ide dan Kiat-kiat Menulis PKM.

Tidak hanya memberikan materi kepada mahasisawa, diberikan pula pembinaan yang berkelanjutan selama 2 pekan yang dibimbing langsung oleh 9 Dosen Jurusan Matematika FMIPA UNM. mulai dari penentuan tema, judul hingga proses penulisan karya tulis ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 15 tim dimana setiap tim terdiri dari 3-5 mahasiswa.

Annisa Uniarti, selaku Ketua panitia mengharapkan, selepas penerimaan materi hari ini, peserta tetap aktif dalam melakukan bimbingan selama 2 pekan mendatang. “Saya harap, peserta dapat memahami materi yang diberikan hari ini dan selanjutnya aktif dalam melakukan konsultasi kepada dosen-dosen agar peserta-peserta dapat mengasilkan banyak proposal PKM yang bisa sampai ke-tahap PIMNAS,” harapnya.

Dosen pembimbing HMJ Matematika Syahrullah Ashari. pun angkat bicara terkait kegiatan ini. pasalnya, kegiatan seperti ini merupakan perjalanan intelektual. “Workshop PKM 5 Bidang yang menjadi kegiatan kita hari ini, Saya menganggap bahwa kegiatan ini adalah bagian dari perjalanan intelektual adik-adik mahasiswa, bagaimana menjadi peneliti juga sekaligus menjadi penulis pada akhirnya yang diharapkan menjadi bagian dari perjalanan intelektual adik-adik untuk bisa melahirkan karya-karya besar yang bermanfaat, bukan hanya untuk diri sendiri tapi bahkan bagi masyarakat dan dunia secara luas,” Pungkasnya.