Sulselmengabari, Makassar – Himpunan mahasiswa sipil (HMS) Fakultas Teknik UMI, bekerja sama dengan program study Teknik Sipil, menyelenggarakan pelatihan keteknik sipilan jum’at, (12/10/2018) pagi.

Kegiatan ini diangkat dengan tema ‘menciptakan mahasiswa teknik sipil yang kreatif serta inovatif dalam menghadapi dunia kerja di era globalisasi ‘.

Pelatihan ini dihadiri ratusan peserta dari program study Teknik Sipil, serta dihadiri Dekan Fakultas Teknik, bapak Ir. H. Mukhtar T. Syarkawi, MT sekaligus membuka acara pelatihan teknik sipilan. Dalam pelatihan ini juga, dihadiri ketua program Studi Sipil bapak Dr. Ir. andi Alifuddin, ST., MT., IPM.

Dalam pelatihan ini, Bapak Ir. H. Mukhtar T. Syarkawi, MT mengungkapkan rasa senangnya dengan acara yang di selenggarakan oleh mahasiswa teknik sipil ini.

“Saya sangat senang dengan acara seperti ini yang diselenggarakan oleh mahasiswa kami di sipil, serta harapan saya kedepanya di masa akan datang dengan kegiatan-kegiatan ini harus bersifat akademik, dan pelatihan ini di adakan karena bersifat KKNI,” ujar Dekan Fakultas Teknik UMI.

Selanjutnya, bapak Dr. ir. Andi Alifuddin, ST., MT., IPM mengatakan bahwa keluaraan atau kualitas lulusan program studi yang berstandar kualifikasi, sudah diatur oleh UUD standar nasional perguruan tinggi Indonesia.

“Keluaraan atau kualitas lulusan program studi yang berstandar kualifikasi, dan ini juga sudah di atur oleh UUD berstandar nasional perguruan tinggi di Indonesia, serta kedepannya program-program ini supanya meningkatkan kompetisi atau pelatihan-pelatihan dan workshop yang harus di adakan oleh lembaga HMS FT UMI,” ucap ketua prodi jurusan sipil.

“ini merupakan implementasi pelaksanaan dari visi dan misi program studi teknik sipilan, dan pada tahun 2020 menjadikan program studi yang unggul di tingkat nasional dalam penguasaan ilmu dan praktek teknik sipil yang berbasis nilai-nilai islami. Dalam mengapai penguatan kompetisi oleh mahasiswa dan salah satunya di adakan pelatihan seperti ini,” lanjut Dr. ir. Andi Alifuddin, ST., MT., IPM.

Rustan Efendi selaku ketua HMS FT UMI, mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunya oleh HMS FT UMI dengan tujuan membangun iklim akademik dan postif dan juga meningkatkan kemampuan dan kualitas mahasiswa dalam penguasaan program Software dalam teknik sipilan.

“Kami mengadakan kegiatan ini, setiap tahunnya oleh HMS FT UMI dengan tujuan membangun iklim akademik positif dalam penguasaan program software keteknik sipilan,” ujar Rustan.

Tak hanya itu, program studi teknik sipil dan HMS FT UMI pun bermaksud menyiapkan lulusan teknik sipil umi yang lebih berkualitas dalam penguasaan teknologi.

Tak kalah pentingnya, pelatihan ini dijadikan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu teknik sipil sebagai penunjang materi kuliah di luar jam perkuliahan.

Tinggalkan Balasan