Aksi Bersih-Bersih ‘APPATTASA’ Libatkan Ratusan Relawan, Bersihkan Sampah Hingga 18 Ton

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari,Makassar — Duta Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Makassar berkolaborasi Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Ujung Tanah gelar ‘Appatasa’ atau aksi giat bakti sosial.

Kagiatan ini berpusat di RW 4 RT 3 Kelurahan Cambayya Kecamatan Ujung Tanah. Sabtu 27 Januari 2024.

Kawasan pesisir tersebut memang terjadi penumpukan sampah yang bertahun-tahun tidak pernah dibersihkan.

Terlebih, penumpukan tersebut juga diperparah dengan kiriman sampah dari laut ketika terjadi air pasang

Meski kegiatan tersebut pertama kali dilakukan, namun cukup memberi dampak positif dan mendapat perhatian banyak komunitas yang peduli akan lingkungan termaksud masyarakat sekitar.

Sedikitnya 18 Ton sampah berhasil diangakat dari ratusan orang yang berpartisipasi dalam kegiatan Appattasa tersebut.

“Jadi dua kelompok pemuda ini punya satu misi yang sama bagaimana membawa perubahan di suatu tempat yang khususnya ada di kecamatan ujung tanah RW 4 RT 3 kelurahan cambayya dermaga pasang surut itu. Jumlah volume sampah di bawah rumah rumah warga itu sangat tinggi dan baru berhasil kita angkat kurang lebih 18 Ton lebih, karena selain sampah kiriman dari kapal kapal nelayan atau kapal kapal yang terkadang buang sampah di laut yang yang akhirnya masuk ke daratan di tambah juga warga warga yang masih, sebagian besar belum memiliki kesadaran akan kebersihan.” ungkap Camat Ujung Tanah Amanda Syahwaldi S.SSTP., MM.

Kedepan, Amanda Syahwaldi yang baru hampir 1 bulan menjabat Camat Ujung Tanah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangn yang dapat merusak lingkungan, habitat dan terutaman lingkungan.

“Kami sudah menghimbau mereka untuk bagaimana sampah ini ke depan, mereka kemas, terus mereka simpan di titik penjemputan.” ujarnya.

Ditempat yang sama, Plt Kadispora Kota Makassar Andi Engka Bau Djemma bangga dengan semangat dan apa yang telah dilakukan para Duta Pemuda Dispora Makassar dan Tim TP PKK Milenial Kec. Ujung Tanah

“Hari ini sebenarnya ini sangat kecil kontribusinya terhadap lingkungan tapi sekecil apapun itu semua yang dilakukan teman-teman hari ini jauh lebih besar dari diri kita masing-masing, mindset bahwa aktualisasi diri pemuda adalah ketika kita memulai tidak hanya memikirkan diri sendiri tapi memikirkan orang lain dan lingkungan.” tutur Andi Engka

“Dan alhamdulillah setelah giat ini berjalan sudah ada beberapa Kecematan yang meminta kita untuk datang, dan memang arahan pak Wali Kota dan ibu ketua TP PKK bahwa kalau bisa giat ini sebaikanya dilakukan di setiap kecamatan, dan teman-teman siap dengan segala semangatnya bahkan sampai 15 Kecamatan.” tutupnya

Diketahui, Hadir dalam aksi bersih-bersih itu, Plt Kepala Dinas Pemuda Andi Engka, Camat Ujung Tanah Amanda Syahwaldi, Ketua TP PKK Ujung Tanah Andi Fadilah Rizki Rifai, Direktur Umum PDAM Kota Makassar, Indira Mulyasari, beserta jajaran, dan Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Muhammad Dasysyara Dahyar. Termasuk dari KNPI Kec Ujung Tanah yang jumlahnya total sekitar 200 personel.