Dampak Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi Terhadap Karakter Anak

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Kehidupan manusia yang bermula dari kesederhanaan kini menjadi kehidupan yang bisa dikategorikan sangat modern. Di jaman yang semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang saat sekarang, segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang praktis.

Di jaman yang semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang  saat sekarang, segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang praktis. Teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan manusia. 

Salah satunya dalam bidang teknologi komunikasi seperti adanya smartphone dan internet, membuat manusia semakin meningkatkan cara komunikasinya. Berbagai macam media untuk berkomunikasi pun hadir untuk memudahkan manusia berinteraksi.

Hal ini membuat proses perkembangan teknologi menjadi sangat cepat. Karena pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat membawa pengaruh kemajuan industri pada masyarakat dan perusahaan baik secara positif maupun negatif. 

Berikut ini adalah dampak positif dari pesatnya perkembangan teknologi :

Mampu mempersingkat Proses Berbagi Informasi

Pekerjaan menjadi lebih mudah lebih efektif dan efisien

Sistem pembelajaran dapat dilakukan secara online daripada tatap muka

Di Mana Anda Dapat Berkomunikasi dengan Orang Lain Saat Berpisah pada Saat yang Sama

Kemajuan teknologi komunikasi yang pesat memungkinkan masyarakat untuk berkomunikasi dengan lebih mudah dari satu tempat ke tempat lain

Adapun dampak negatif dari perkembangan teknologi seperti :

manusia akan terus menerus menjadi ketergantungan pada gadget dan aplikasi yang digunakannya.

menjadi kurang fokus pada diri sendiri sehingga ketika anda berinteraksi dengan teknologi hal tersebut dapat mengurangi kemampuan bersosialisasi anda terhadap orang lain sehingga pengangguran secara cepat akan terus meningkat.

Anak kehilangan kemampuannya untuk berinteraksi dan menjadi terbiasa dengan kehidupan online,

rentan terjadinya pembajakan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. (Umsu/Kbb)