Memanfaatkan Sumber Daya dengan Baik

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Sumber daya alam dibagi dalam dua, yaitu sumber daya alam yang dapat dibuat dan tidak dapat di ubah.

Sumber daya alam yang dapat diciptakan adalah sumber daya alam yang dapat dibangun kembali dan dapat diusahakan untuk dikembangkan. Sebagai contoh, air, pertanian, hewan ternak, udara, dan sinar matahari.

Sementara itu, sumber daya alam yang tidak dapat digunakan adalah sumber daya alam yang akan habis jika digunakan terus menerus.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui membutuhkan waktu ribuan bahkan jutaan tahun untuk terbentuk kembali. Contohnya adalah sumber daya alam tambang, termasuk minyak bumi, batu bara, emas, gas alam, dan sebagDengan berlimpahnya manfaat sumber daya alam, manusia harus bisa mengelolanya sebaik mungkin. Berikut cara-cara untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan baik:

  1. Mengelola pertanian, perkebunan, dan peternakan

Manusia membutuhkan tumbuhan dan hewan dari alam untuk tetap hidup, baik untuk kebutuhan pangan, pakaian, maupun tempat tinggal. Apabila mengambil saja dari alam, maka sumber daya alam akan habis dan tidak produktif. Sehingga, manusia sebaiknya mengolahnya menjadi pertanian, perkebunan, ataupun peternakan.

  1. Mengelola sumber daya alam agar bernilai ekspor

Hal ini menjadikan sumber daya alam memiliki nilai ekonomi yang tinggi bagi suatu wilayah atau negara. Manusia dapat memanfaatkan sumber daya alam di wilayahnya untuk memperoleh keuntungan ekonomi.

  1. Menjaga kelestarian laut dan hutan

Oksigen adalah hal utama yang diperlukan manusia dan makhluk hidup lainnya untuk bernapas. Oksigen menjadi pembeda antara planet Bumi dengan planet lainnya dan menjadikan Bumi sebagai tempat yang layak huni. Sumber daya alam laut merupakan penyumbang oksigen terbesar di di dunia.

  1. Menggunakan sumber daya tambang secukupnya

Alam menciptakan sumber energi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kepentingan. Sayangnya sumber daya alam tambang tidak terbarukan dan bisa habis apabila digunakan secara berlebihan.

  1. Beralih ke sumber daya alam yang dapat dipercaya

Manusia dapat beralih menggunakan sumber energi yang dapat diaktifkan untuk mengaktifkan sumber energi yang tidak dapat diaktifkan. Hal ini berlaku untuk pemanfaatan sumber daya alam di ranah energi.

Misalnya, beralih dari penggunaan batu bara ke pemanfaatan energi matahari untuk pembangkitan listrik. (IAH/KMD)