Persiapan yang Harus di Perhatikan saat Berkendara

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Berkendara dengan aman dan nyaman tentu menjadi prioritas utama bagi setiap pengemudi dan penumpang, tentu Anda harus mengetahui beberapa persiapan berkendara dengan aman dan nyaman.

Dengan mengetahui persiapan-persiapan apa saja yang dibutuhkan untuk berkendara secara aman, tentu Anda dapat terhindar dari kondisi yang tidak diinginkan saat melakukan perjalanan di jalan raya. Tidak hanya itu, dengan mengetahui persiapan dalam berkendara secara aman, Anda juga dapat membantu pengendara lain agar dapat melakukan perjalanan yang aman dan nyaman sampai tujuan yang dimilikinya.

Untuk mengetahuinya, Berikut Beberapa tips yang harus dipersiapkan saat Berkendara :

  1. Melakukan Pemeriksaan Kendaraan

Persiapan pertama yang harus di lakukan dalam berkendara dengan aman dan nyaman adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan.

  1. Menggunakan Sabuk Pengaman

Menggunakan sabuk pengaman saat berkendara dengan mobil menjadi salah satu etika yang harus Anda patuhi saat berkendara di jalan raya. Hal ini dikarenakan sabuk pengaman memiliki peranan yang penting terhadap keselamatan Anda saat berkendara.

Fungsi dari sabuk pengaman itu sendiri adalah untuk melindungi para penumpang dan pengemudi dari benturan saat terjadi kecelakaan di jalan raya.

  1. Mengikuti Arus Lalu Lintas

Persiapan berkendara dengan aman selanjutnya adalah dengan mengikuti dan mematuhi arus lalu lintas serta rambu-rambu lalu lintas sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan. Jika Anda tidak mematuhi peraturan-peraturan yang sudah ditetapkan, maka Anda akan dikenakan sanksi sesuai dengan Undang-Undang tentang Transportasi yang berlaku.

  1. Mengatur Kecepatan Saat Berkendara

Selanjutnya adalah dengan mengatur kecepatan Anda saat berkendara. Mengendarai mobil dengan kecepatan yang tinggi memang dibolehkan, namun Anda juga harus bisa memerhatikan pengendara lain agar tidak membahayakan pengguna jalan lainnya.

  1. Gunakan Perlengkapan Keamanan saat Berkendara

Beberapa kelengkapan berkendara dengan sepeda motor, yaang pertama adalah helm, pastikan menggunakan helm yang sudah berstandar SNI lengkap dengan tali pengunci dan kaca pelindung.

Kemudian pasang kedua kaca spion di motor anda, jika menggunakan kaca modifikasi, gunakan dengan ukuran standar sehingga tidak terdapat blind spot yang kemungkinan dapat mencelakakan diri Anda sendiri. (Aut/dhs)