Pilgub Sulsel, KPU Akan Siapkan Situng

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Makassar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mengikuti perkembangan dunia tekhnologi.

Khusus di Pilgub Sulsel 2018, KPU Sulsel sedang menyiapkan Sistem Informasi Penghitungan (Situng). Fungsi sistem ini untuk mengetahui jumlah penghitungan suara (real count) kurang dari 24 jam setelah pemungutan suara dilakukan di TPS.

“Jadi Situng tersebut tahapannya dimulai sesaat setelah proses penghitungan suara di setiap TPS yang ada di Sulsel selesai. Ada form khusus yang disiapkan untuk ini,” kata Kepala Sub Bagian Teknis KPU Sulsel, Muh Asri, Senin (18/6/2018).

Mekanisme sistem penghitungan suara tersebut kata Asri, melalui beberapa tahapan yang dilakukan secara cepat dan apa adanya.

“Pasca pencoblosan langsung penghitungan di TPS. Setelah itu, form IT dibawa langsung, berjenjang dari desa ke kecamatan sampai Kabupaten. Saat itu juga akan dipindai lalu di upload ke portal KPU. Datanya apa adanya,” kata Asri.

Pada hari itu juga akan diketahui siapa kandidat yang memperoleh suara paling banyak pada saat pencoblosan.

KPU Sulsel menargetkan semua hasil perhitungan bisa tayang sebelum pukul 23.59 pada 27 Juni nanti.

“KPU akan menampilkan apa adanya, scan tulisan tangan KPPS. Kalau tidak ada halangan pada pukul 24.00 (27 Juni malam) akan selesai. Pas formnya datang, langsung kita proses,” ujarnya.