Pencak Silat Bisa Tutupi ‘Malunya’ Luwu di Porda Pinrang

Yuk bagikan berita ini !

Sulselmengabari, Luwu – Porda Sulsel ke XVI yang dipusatkan di Pinrang, resmi dihelat sejak 23 september lalu. Diagendakan, kegiatan ini bakal berlangsung hingga 30 September mendatang.

Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Luwu mengutus 300 kontingen ke Porda Pinrang. Hal tersebut diutarakan Kepala Dispora Luwu, Alamsyah saat ditemui di Jl Topoka, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Luwu, Selasa (18/9/2018).

“Jumlah kontingen nantinya 300 orang di pembukaan Porda Pinrang, disitu sudah ada official dan atlet,” ujar Alamsyah seperti yang dilansir Tribun.

Dari sekian banyak atlet yang diturunkan, hingga saat ini, Luwu berhasil mendulang medali terbanyak melalui cabang olahraga Pencak Silat. Tidak tanggung-tanggung seluruh atlet pencak silat yang diturunkan, berhasil mendapatkan medali.

Dengan demikian, Pencak silat Luwu Berda pada posisi pertama (juara umum) pada cabor ini dengan perolehan 5 Emas, 5 perak dan 2 perunggu, diikuti oleh Bantaeng pada urutan ke 2 dan kemudian Makassar pada urutan ke 3.

Hal ini pula menjadikan cabor pencak silat sebagai penyelamat ‘malunya’ Luwu setelah berada pada posisi 24. Posisi tersebut merupakan posisi terbawah peralihan medali di Porda Pinrang.

Berikut data pesilat yang berhasil menyumbangkan medali untuk luwu.

Peraih medali emas pertama. Muh. Azhaa Nurfaisi siming (alumni SMAN 3 Luwu atau dlu SMAN 1 Larompong.) Kini menempuh kuliah di UNM Makassar fak. Olahraga.

Emas kedua disumbangkan oleh Muh. Syafrillah Syam. (ALUMNI dari SMAN 3 Luwu) dan kini kuliah di STKIP Muhammadiayah palopo. Jurusan pend. Olahraga.

Emas ke 3 atas nama Wijaya, alumni SMAN 15 Luwu, kini melanjutkan Kuliah di STKIP Muhammadiyah Palopo. Jurusan. Pend. Olahraga.

Emas ke empat atas nama Ria Hasriayani, alumni SMPN 1 Bonepute, dan kini melanjutkan kuliah di UNM Fak. Olahraga.

Emas ke lima atas nama Firkatul Mutahhara mahasiswa UNM Fak. Olahraga.

Adapun penyumbang perak pertama, Zufahmi alumni SMAN 3 Luwu.

Perak kedua oleh Nurul Mutmainna yamin alumni SMAN 3 Luwu kini melanjutkan kuliah di UIN Alauddin Makassar.

Peraih perak ke 3, Ratu Putri ananda alumni dari SMK Batara panrita.

Peraih perak ke 4, Muh. Akil Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Palopo. Jurusan Olahraga.

Peraih perak ke 5 dari Kategori Bergu Putera atas nama Suryansyah, Erland Lanto, dan Imran aiman kesemuanya ini adalah alumni SMAN 3 Luwu.

Peraih medali perunggu atas nama Bayu kamal alumni SMAN 10 Luwu dan Yulisa alumni SMKN 2 Luwu.