Sulselmengabari, Makassar – Stres berat dan berkepanjangan biasanya dipicu oleh penyebab yang konstan. Karena itu cara terbaik untuk mengatasinya adalah mengenali penyebab stres tersebut dan mengiliminasinya.

Walaupun begitu ada beberapa cara menghilangkan stres yang bisa diterapkan dengan rutin agar kesehatan mental selalu terjaga.

1.Mencoba olahraga lari. Menurut hasil penelitian yang dilansir Health Me Up, olahraga lari bisa membantu memperbaiki mood, meningkatkan produksi endorphin (hormon bahagia), dan membantu menyalurkan pikiran-pikiran negatif dengan cara sehat.

2. Belajar yoga. Teknik pernapasan dan meditasi dalam yoga sudah terbukti ampuh untuk memperbaiki mood bagi penderita stres dan depresi. Cobalah rutin yoga, minimal dengan pose-pose penangkal stres seperti sukhasana, child’s pose, triangle pose, atau camel pose.
3. Puasa gadget. Penelitian di University of California menemukan bahwa mengecek e-mail setiap saat mampu menyebabkan stres. Pengguna internet yang sangat aktif juga 5 kali lebih rentan terhadap depresi. Jadi ketika Anda merasa stres, ada baiknya mengurangi kontak dengan gadget.
4. Menulis jurnal atau diary. Penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Anxiety, Stress, & Coping menemukan bahwa menulis mengenai hal yang membuat depresi selama 20 menit selama 2 hari mampu menurunkan kadar stres.
5. Kurangi konsumsi gula, kafein, dan daging merah.Meskipun terlihat remeh, membatasi konsumsi ketiga makanan ini merupakan cara menghilangkan stres yang cukup efektif. Dalam porsi yang berlebihan, gula, kafein, dan daging merah bisa meningkatkan hormon stres serta memicu kegelisahan.
6. Memelihara binatang.Berinteraksi dengan binatang bisa membantu tubuh untuk melepaskan hormon oxytocin dan menurunkan level kortisol.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here